Pendidikan sebagai Ilmu

PENDAHULUAN

            Kehidupan merupakan suatu taqdir bagi manusia yang sudah seharusnya di jalani dengan sepenuh hati. Dalam berkehidupan pula manusia juga selalu memiliki suatu cara yang dilakukannya untuk melewati setiap hal yang tejadi dalam hidupnya. Tentunya tidak selalu manusia dapat berdiri dan dan berjalan secara langsung, pasti ada beberapa hal yang ditanamkan sejak kecil kenapa manusia harus berdiri, berjalan bahkan berlari. Yang jelas dan pasti setiap hal yang akan dilakukan memiliki alas an dan tujuan jelas yang intinya juga merupakan kehendak dari masing-masing individu.

Pendidikan merupakan salah satu jalan yang menuntun,menunjukkan dan bahkan mengharuskan hidup itu ada untuk dikembangkan dalam berbagai aspek yang di miliki setiap individu. Pendidikan juga memperjelas suatu hal untuk di jadikan sebagai patokan untuk pengembangan peradaban manusia. Oleh karena itu pendidikan juga sebuah ilmu yang terlihat samar namun sebenarnya pendidikan lah yang memegang peran penting dalam setiap aspek kehidupan pada umumnya.

 

PEMBAHASAN

 

  1. Pendidikan Sebagai Ilmu

Adapun pengertian pendidikan sebagai ilmu menurut para pakar adalah sebagai berikut:

a) Brojonegoro, ilmu pendidikan yaitu teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan, dalam arti luas ilmu pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktek pendidikan.

b)Carter V. Good, suatu bangunan yang sistematis mengenai aspek-aspek kuantitatif, objektif dan proses belajar, menggunakan instrument secara seksama dalam mengajukan hipotesis-hipotesis pendidikan untuk diuji dan pengalaman seringkali dalam eksperimental.

c)Imam Barnadib, ilmu yang membicarkan masalah-masalah umum pendidikan secara menyeluruh dan abstrak. Ilmu pendidikan bercorak teoritis dan bersifat praktis.

d)Driyarkara, pemikiran ilmiah yang bersifat kritis, metodis, dan sistematis tentang realitas yang disebut pendidikan.

 

  1. Persyaratan Pendidikan Sebagai Ilmu

 

Suatu kawasan studi dapat tampil sebagai disiplin ilmu, bila memenuhi syarat- syarat:

 

Memiliki objek studi (formal dan material)

Objek material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia. Objek formalnya adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif yang luas dan integrative.

 

   Memiliki sistematika

Sistematika ilmu pendidikan dibedakan menjadi 3 bagian yaitu:

1) Pendidikan sebagai gejala manusiawi, dapat dianalisis yaitu adanya komponen

pendidikan yang saling berinteraksi dalam suatu rangkaian keseluruhan untuk

mencapai tujuan. Komponen pendidikan itu adalah:

(a)   Tujuan pendidikan,

(b)   Peserta didik,

(c)   Pendidik,

(d)   Isi pendidikan,

(e)   Metode pendidikan,

(f)   Alat pendidikan,

(g)   Lingkungan pendidikan.

2) Pendidikan sebagai upaya sadar untuk mengembangkan kepribadian  dan kemampuan

manusia. Menurut Noeng Muhadjir sistematika ini bertolak dari fungsi pendidikan,

yaitu:

(a) Menumbuhkan kreatifitas peserta didik,

(b) Menjaga lestarinya nilai insani dan nilai ilahi,

(c) Menyiapkan tenaga produktif.

3) Pendidikan sebagai gejala manusiawi. Menurut Mochtar Buchori ilmu   pendidikan

mempunyai 3 dimensi:

(a) Dimensi lingkungan pendidikan,

(b) Dimensi jenis-jenis persoalan pendidikan,

(c) Dimensi waktu dan ruang.

 

 Memiliki metode

Memliki metode-metode dalam ilmu pendidikan:

a) Metode normative, berkenaan dengan konsep manusiawi yang diidealkan yang ingin dicapai.

b) Metode eksplanatori, berkenaan dengan pertanyaan kondisi, dan kekauatan apa yang membuat suatu proses pendidikan berhasil.

c) Metode teknologis, berkenaan dengan bagaimana melakukannya dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.

d) Metode deskriptif, fenomenologis mencoba menguraikan kenyataan-kenyataan pendidikan dan lalu mengklasifikasikannya.

e) Metode hermeneutis, untuk memahami kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan struktur dan kegiatan pendidikan.

f) Metode analisis kritis, menganalisis secara kritis tentang istilah, pernyataan, konsep,dan teori yang ada dalam pendidikan.

 

  1. Sifat-Sifat Ilmu Pendidikan

Sifat – sifat pedidikan ada 4, yaitu:

a) Empiris,karena objeknya dijumpai dalam dunia pengalaman.

b) Rokhaniah, karena situasi pendidikan berdasar atas tujuan manusia tidak membiarkan peserta didik kepada keadaan alamnya.

c) Normatif,karena berdasar atas pemilihan antara yang baik dan yang buruk. Ilmu pendidikan itu selalu berurusan dengan soal siapakah “manusia” itu. Pembahasan mengenai siapakah manusia itu biasanya termask bidang filsafat, yaitu filsafat antropologi. Pandangan filsafat tentang manusia sangat besar pengaruhnya terhadap konsep serta praktik-praktik pendidikan. Karena pandangan filsafat itu menentukan nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh seorang pendidik atau suatu bangsa yang melakukan pendidikan.

d)Histories, karena memberikan uraian teoritis tentang sitem-sistem pendidikan sepanjang jaman dengan mengingat latar belakang kebudayaan dan filsafat yang berpengaruh pada jaman tertentu.

 

  1. PENUTUP

 

  1. kesimpulan

        Ilmu pendidikan adalah ilmu yang menelaah fenomena pendidikan dan semua fenomena yang berkaitan dengan pendidikan dalam preskreptif yang luas dan integratif. Dalamam pendidikan sebgai ilmu juga disebut sebagai upaya memanusiakan manusia dalam rangka menjadikan manusia sesungguhnya, karena pendidikan telah ada dan dilakukan sejak kita lahir hingga nanti kita pergi. Pendidikan mencakup seluruh aspek mendidik dan dididik yang merupakan hal-hal penting dalam sebuah pendidikan

 

B.Saran

Dalam pelaksanaan pendidikan kita juga masih harus memperhatikan keadan lingkungan sosial, karena terbentuknya kita yang pasti untuk memenuhi kebutuhan lingkungan dan kita juga harus memahami setiap individu agar kita dalam memanusikan manusia, tetap dapat menghargai dan menhormati hak orang lain

 

 

Daftar Pustaka

Siswoyo Dwi,dkk,2015,Ilmu Pendidikan,Yogyakarta,UNY Press

Sugihartono,dkk,2015,PSIKOLOGI PENDIDIKAN,Yogyakarta,UNY press

http://blogsedukasi.blogspot.co.id/2012/05/pendiidkan-sebagai-ilmu.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 thoughts on “Pendidikan sebagai Ilmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 2 =