Pendidikan sebagai suatu Sistem

 

Pendidikan Sebagai suatu Sistem

A. Pengertian Sistem

  1. Jumlah keseluruhan dari bagian-bagian yang saling bekerja sama untuk mencapai hasil yang diharapkan berdasarkan kebutuhan yang telah ditentukan
  2. Seperangkat unsur yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satu lingkungan tertentu (ludwig, 1997)
  3. Sekumpulan elemen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan (Rapoport, 1997)
  4. Setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian yang saling mempengaruhi (Ackof, 1997)
  5. Merupakan bagian-bagian  yang beroperasi secara bersama-sama untuk mencapai tujuan (Davis, 1995)
  6. Kelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan (McLeod, 2001)
  7. System is any identifiable assemblage of element (object, person, activities, information record) which are interrelated by process or structure and which are presumed to function as and organizational entity generating an observable product (Ryans, 1968)

a)Sistem diidentifikasi dari setiap rangkaian unsur (benda, orang, aktivitas,  ca      tatan informasi) yang terkait dengan proses atau struktur dan yang         dianggap berfungsi sebagai entitas organisasi dan menghasilkan produk yang diamati

b)Entitas : sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek     lain, dapat berupa orang, benda, tempat.

Kesimpulan, sistem: suatu rangkaian keseluruhan kebulatan kesatuan dari komponenkomponen yang saling berinteraksi atau interdependensi dalam mencapai tujuan

B.Karakteristik Sistem

  • Mempunyai unsur-unsur elemen komponen yang saling berhubungan
  • Unsur-unsur elemen komponen dalam suatu sistem menunjukkan adanya kesatuan dalam proses  yang mengarah/ menuju pada satu tujuan
  • Pencapaian tujuan ditandai dengan berfungsinya secara terorganisir komponen elemen unsur-unsur di dalam sistem tersebut

C.Unsur-Unsur Sistem

  • Ada satu kesatuan organis
  • Adanya komponen yang saling membentuk kesatuan organis
  • Adanya hubungan keterkaitan antara komponen satu dengan yang lain maupun antara komponen dengan keseluruhan
  • Adanya gerak atau dinamika
  • Adanya tujuan yang ingin dicapai

D. Pendidikan sebagai Sistem

 

Pendidikan mendatangkan pengajar, uang, alat belajar, peserta didik dari luar lembaga pendidikan. Pendidikan memproses peserta didik dalam proses belajar mengajar. Memproses input pendidikan (peserta didik) yang dilakukan berulangulang dan berkaitan Pendidikan menghasilkan lulusan dan pengaruh positif terhadap lingkungannya

E. Analisa Pendidikan Sebagai Sistem

Penggunaan analisa sistem dalam pendidikan dimaksudkan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan dengan cara yang efesien dan efektif. Prinsip utama dari penggunaan analisis sistem ialah: bahwa kita dipersyaratkan untuk berpikir secara sistmatik, artinya harus memperhitungkan segenap komponen yang terlibat dalam masalah pendidikan yang akan dipecahkan.

F.Komponen Pokok Pendidikan

  • Tujuan dan Prioritas(MENGARAHKAN KEPADA TUJUAN)
  • Peserta Didik(YANG MENJALANI PROSES)
  • Pengelolaan(KOORDINASI)
  • Struktur dan Jadawa
  • Isi(YANG HENDAK DIKUASAI)
  • Guru(YANG MENYELENGGARAKAN PROSES)
  • Alat Bantu Ajar
  • Fasilitas
  • Teknologi
  • PengawasanMutu
  • Penelitian
  • Biaya

Daftar Pustaka

http://juonorp.blogspot.co.id/2013/09/pendidikan-sebagai-sistem.html

Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Uny Press

addinabdulhafid.blogs.uny.ac.id

 

0 thoughts on “Pendidikan sebagai suatu Sistem”

  1. Whoa many of great material.
    http://canadianonlinepharmacynnm.com/
    pharmacy price comparison online pharmacies canada online pharmacy canada [url=http://www.canadianpharmacymsn.com/]canadian pharmacies that ship to us[/url]
    pharmacy cost comparison
    canadian rx
    pharmacy without dr prescriptions
    prescription without a doctor’s prescription
    canadian drug
    canadian online pharmacy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 5